Search

Virus Corona, Ekonom Nilai Stimulus Pariwisata Salah Waktu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Eksekutif Indef Tauhid Ahmad menyayangkan usaha pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata tak disertai dengan momentum yang tepat. Meski mengapresiasi langkah pemerintah dalam meminimalisir perlambatan ekonomi akibat virus corona, namun ia menilai insentif tidak akan efektif.

Pasalnya, insentif diberikan saat low season atau musim sepi liburan seperti saat ini.

"Indef nilai insentif pariwisata sudah tepat, tapi salah timing. Pas lagi low season kayak sekarang memang pada engga mau jalan-jalan," ujarnya pada Kamis (27/2).


Menurutnya, pada momen sepi seperti ini, alasan utama orang-orang tak melancong bukan karena mahalnya tiket pesawat. Umumnya masyarakat tak berpergian karena mereka sibuk. Liburan panjang seperti liburan sekolah yang masih beberapa bulan dari pemberian insentif dinilainya tak tepat sasaran.

"Misalnya saya enggak mungkin berpergian karena ada tiket murah saat sibuk kerja dan anak belum libur sekolah, memaksa itu susah," katanya.

Untuk diketahui, pemerintah menunjuk PT Pertamina (Persero) untuk memberikan diskon avtur ke maskapai mulai Maret hingga Mei 2020. Pemerintah akan mengucurkan Rp265,5 miliar kepada perusahaan pelat merah itu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan kebijakan ini dibuat demi meminimalisir dampak penyebaran wabah virus corona terhadap ekonomi dalam negeri.

[Gambas:Video CNN]
"Pertamina akan memberikan insentif berupa diskon avtur, dengan total diskon ini nilainya Rp265,5 miliar dan ini berlaku tiga bulan," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah juga akan menyewa influencer asing untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Influencer yang berasal dari Amerika Serikat (AS), Eropa, Australia, India, dan Timur Tengah tersebut akan ditugaskan menarik wisatawan asing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan pihaknya akan melihat detail identitas calon influencer yang akan disewa. Salah satu tolak ukurnya adalah jumlah penonton atau viewers video YouTube milik influencer.

Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp72 miliar untuk membayar influencer tersebut. Namun, Wishnutama menegaskan bahwa dana tersebut tak semata-mata untuk influencer.

"Anggaran ini yang Rp72 miliar termasuk biro perjalanan. Jadi kerja sama dengan biro perjalanan dan joint promotion. Jadi ini besar," jelasnya.

(wel/agt)

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
February 28, 2020 at 08:07AM
https://ift.tt/2uymRvQ

Virus Corona, Ekonom Nilai Stimulus Pariwisata Salah Waktu - CNN Indonesia
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Virus Corona, Ekonom Nilai Stimulus Pariwisata Salah Waktu - CNN Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.