Search

Belajar Nilai-nilai Luhur dari Suku Samin di Bojonegoro | merdeka.com - merdeka.com

Belajar Nilai-nilai Luhur dari Suku Samin di Bojonegoro Monumen Samin di Dusun Jipang, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro. ©2020 Merdeka.com/jurnaba.co

Merdeka.com - Suku Samin atau biasa disebut Orang Samin mendiami wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka tinggal di kawasan Blora, Jawa Tengah dan Bojonegoro, Jawa Timur. Pada masa pendudukan Belanda, Orang Samin ini berhasil membuat pusing pihak penjajah dengan sikap-sikap mereka. Mereka melawan Belanda dengan cara yang menggelikan alih-alih memakai kekerasan.

Terhadap Belanda, Orang Samin saat itu menolak membayar pajak, juga menolak segala peraturan yang diciptakan oleh pemerintah kolonial. Semangat perlawanan yang menolak menggunakan cara-cara kekerasan itu ialah bentuk dari pengamalan ajaran Sedulur Sikep. Ajaran turun-temurun yang sudah ada sejak moyang mereka, Samin Surosentiko.

©2020 liputan6.com


Di Bojonegoro, Orang Samin mendiami Dusun Jipang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo. Salah satu kecamatan yang terletak di bagian paling barat kabupaten ini, berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi. Pada Agustus 2019 lalu, Pemerintah Bojonegoro meresmikan Tugu Prasasti Sedulur Sikep Samin. Tugu itu sebagai simbol bahwa Orang Samin di Dusun Jipang, Kecamatan Margomulyo merupakan bagian tak terpisahkan dari peradaban budaya Bojonegoro.


Dengan keunikan dan kekhasannya sendiri, Orang Samin menjalani kehidupan yang terus bergegas seolah seperti tanpa hambatan. Kendati tinggal di wilayah pedalaman, Orang Samin dikenal kritis terhadap kondisi sosial di sekitarnya. Merdeka mencatat beberapa nilai luhur Orang Samin yang bisa dijadikan rujukan hidup bagi orang-orang di luar Suku Samin.

1 dari 2 halaman

Jujur dan Saling Membantu

Bersikap Jujur

2020 Merdeka.com/dream.co.id


Kawasan tinggal Orang Samin aman dari pencurian sebab mereka memegang teguh kejujuran. Antara satu dengan yang lain ada sikap saling hormat, menghargai, dan saling terikat persaudaraan. Salah satu alasan kuat Orang Samin menolak berdagang juga karena alasan kejujuran. Menurut mereka, berdagang potensial menimbulkan berlakunya sikap tidak jujur. Salah satu ajaran Sedulur Sikep ini berbunyi, jangan mengambil apapun yang bukan haknya.


Saling Membantu

2018 www.pixabay.com


Orang Samin memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi. Apabila ada tetangganya yang kesusahan, mereka bergegas menawarkan bantuan. Misalnya ada yang perlu pinjaman uang, dengan senang hati mereka akan meminjamkannya. Pengembalian pinjaman uang itu tentu saja tanpa bunga.

2 dari 2 halaman

Think Globally, Act Locally

Bertani dengan Bijak

2018 Merdeka.com

Tanah ibarat ibu bagi Orang Samin. Mereka bercocok tanam seperlunya. Orang Samin tidak mengenal istilah eksploitasi alam untuk kepuasan hidup mereka.

Menjadi Warga Negara yang Baik

Istimewa

Penolakan Orang Samin membayar pajak kepada Belanda dan Jepang memiliki alasan logis. Bagi mereka menjadi aneh apabila pribumi membayar pajak karena mendiami wilayahnya sendiri. Lebih malang lagi, hasil pajak itu akan dikuasai oleh penjajah. Namun, ketika Indonesia resmi merdeka, Orang Samin dikenal selalu taat membayar pajak.

Think Globally, Act Locally

consulus.com

Orang Samin senantiasa memikirkan kelangsungan hidup alam untuk generasi penerusnya. Mereka juga turut aktif dalam menjaga persatuan nasional. Orang Samin aktif membantu Perhutani sebagai pengawas pohon-pohon dari ancaman penebangan liar.

[rka]

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
February 19, 2020 at 07:14PM
https://ift.tt/32ePdrt

Belajar Nilai-nilai Luhur dari Suku Samin di Bojonegoro | merdeka.com - merdeka.com
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belajar Nilai-nilai Luhur dari Suku Samin di Bojonegoro | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.