Search

Anak Cerewet di Masa Kecil Cenderung Miliki Nilai Lebih Baik di Sekolah | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Selama ini anak yang cerewet dan banyak omong kerap kali dianggap bawel dan mengesalkan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa anak yang memiliki kemampuan verbal baik atau cerewet cenderung memperoleh nilai lebih baik di sekolah.

Dilansir dari Medical Xpress, hal ini diketahui berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh University of York. Penelitian ini coba melihat mengapa anak-anak dari keluarga lebih kaya dan terpelajar cenderung memperoleh nilai lebih baik di sekolah.

Peneliti mengungkap bahwa anak-anak dari keluarga dengan staus sosioekonomik lebih tinggi memiliki kemampuan bahasa lebih baik di sekolah. Kemampuan verbal anak-anak ini bakal meningkatkan performa akademik mereka sat sekolah.

Untuk memperoleh temuan ini, peneliti mempelajari data dari sekitar 700 anak di Inggris. Kemampuan anak sebelum sekolah dites pada usia empat tahun dan hasil pendidikan mereka dipelajari hingga mereka berusia 16 tahun.

1 dari 2 halaman

Perbedaan kemampuan bahasa antar anak menjelaskan 50 persen efek dari latar belakang keluarga dalam pencapaian anak di tahun pertama sekolah. Jarak pencapaian ini meningkat seiring bertambahnya usia.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa pembelajaran anak di rumah ketika berusia lima sangat penting terhadap kemungkinan kesuksesan akademik di masa mendatang," terang peneliti Professor Sophie von Stumm.

"Anak dari latar belakang keluarga lebih baik lebih familiar sebelum sekolah dengan pola bahasa dan kode linguistik yang digunakan pada kondisi pendidikan formal dan biasa dilakukan oleh guru," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Kondisi keluarga yang lebih baik ini tidak hanya bermanfaat terhadap perkembangan fisik anak saja namun pada kecerdasan mereka. Hal ini berupa perkembangan bahasa yang mereka miliki.

"Tidak semua anak memiliki awal yang sama, namun penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran orangtua dari seluruh latar belakang untuk terlibat dengan aktivitas anak mereka yang memicu keterampilan verbal seperti membacakan cerita sebelum tidur serta terlibat pada percakapan anak," terang von Stumm.

"Aktivitas ini didesain untuk meningkatkan kemampuan verbal, meningkakan kognitif, sosial, serta emosional, di samping merekatkan hubungan anak dan orangtua," sambungnya. [RWP]

Baca juga:
Jangan Menunda Memberikan Vaksin pada Anak di Masa COVID-19 Ini
Ini Gejala yang Akan Muncul pada Anak-Anak Bila Terinfeksi Virus Corona
Deretan Makanan yang Cocok Dikonsumsi Anak untuk Cegah Persebaran Corona
Peneliti Ungkap Anak Kota Ternyata Lebih Anteng Dibanding Anak Desa
Bisa Terinfeksi COVID-19, Begini Gejala yang Bakal Muncul pada Anak-Anak
Masa Social Distancing, Anak Tak Boleh Bergaul dan Pergi Sembarangan
Sebelum Kenalkan Bayi dengan Telur, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Orangtua Ketahui
Anak Libur Sekolah Tidak Berarti Bisa Bepergian Seenaknya

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
March 30, 2020 at 01:00PM
https://ift.tt/2Uustl3

Anak Cerewet di Masa Kecil Cenderung Miliki Nilai Lebih Baik di Sekolah | merdeka.com - merdeka.com
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anak Cerewet di Masa Kecil Cenderung Miliki Nilai Lebih Baik di Sekolah | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.