Search

Okky Madasari Nilai Pertanyaan Juri Puteri Indonesia Tak Layak - Suara.com

Suara.com - Novelis Okky Madasari angkat bicara soal insiden tak hapal Pancasila yang menimpa finalis Puteri Indonesia 2020 asal Sumatera Barat, Kalista Iskandar.

Menurut Okky, ini bukan lagi persoalan hapal atau tidak, tetapi pertanyaan dari dewan juri memang tidak layak.

Melalui akun Twitter-nya @okkymadasari, penulis novel Entrok itu melayangkan kritiknya kepada Bambang Soesatyo, ketua MPR RI 2019-2024 sekaligus dewan juri Puteri Indonesia yang memberikan pertanyaan kepada Kalista.

"Apa yang diharapkan dari Puteri Indonesia kalau jurinya saja macam Bambang Soesatyo, yang memilih menggunakan momen krusial untuk melemparkan soal hapalan lima sila Pancasila daripada bertanya tentang pendapat dan gagasan tentang masalah yang dihadapi Indonesia," tulisnya via Twitter.

Okky Madasari kritik pertanyaan Bambang Soesatyo di ajang Puteri Indonesia.
Okky Madasari kritik pertanyaan Bambang Soesatyo di ajang Puteri Indonesia.

Ia justru mengingatkan agar penyelenggara mengevaluasi kualitas juri. Bagi Okky, dewan juri seharusnya mampu memberikan pertanyaan yang lebih berkualitas, bukan sekadar hapal Pancasila atau tidak.

"Ini bukan soal pembelaan bahwa finalis dari Sumbar itu sedang grogi atau kecaman karena Pancasila gak hapal. Memang pertanyaan jurinya yang tidak layak. Penyelenggara harus evaluasi soal kualitas jurinya. Bukan sebaliknya," tutur Okky.

Padahal, menurut Okky, ada beragam pertanyaan yang lebih berbobot untuk diajukan. Ia pun memberi contoh pertanyaan soal implementasi sila ke-5.

"Oke, untuk yang masih berpikir pertanyaan Pancasila penting, juri yang berkualitas akan bertanya seperti ini: Bagaimana pendapat Anda atas implementasi sila ke-5 Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, saat ini?"

Cuitan Okky lantas memantik diskusi warganet. Ada yang berdebat soal mana yang lebih penting: hapal Pancasila atau implementasi di dunia nyata. Namun, ada juga yang bahkan mempertanyakan ulang fungsi penyelenggaraan Puteri Indonesia.

"Buat apa hapal dasar negara tapi tidak mengimaninya? Yang penting praktek bukan teori. Silahkan cari, prestasi apa saja yang sudah didapat Kalista, advokasi yang dia bawa ke PPI sekalian. Mungkin dia lebih 'Pancasila' dibandingkan mereka yang menuntut Kalista hapal Pancasila," ujar akun @kurniadipram.

"Bener. Itu lagi apes aja enggak bisa jawab, coba kalau bisa jawab kelihatan siapa yang kocak dan tetep enggak dapat nilai tambah apa-apa dari juri lain toh itu cuma hapalan. Ketua MPR ngerasa bangga banget ngasih pertanyaan kayak gitu padahal mah ng*he," kata akun @adhebagas.

"Honestly asking mbak Okky, apa yang seharusnya kita harapkan dari para Puteri Indonesia?" kata @jjjyota.

Kalista Iskandar tidak berhasil menyebutkan Pancasila pada ajang pemilihan Puteri Indonesia 2020. Banyak yang mengecam namun tak sedikit juga yang mendukungnya termasuk presenter dan jurnalis Najwa Shihab.

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
March 08, 2020 at 10:48AM
https://ift.tt/2Ty2atW

Okky Madasari Nilai Pertanyaan Juri Puteri Indonesia Tak Layak - Suara.com
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Okky Madasari Nilai Pertanyaan Juri Puteri Indonesia Tak Layak - Suara.com"

Post a Comment


Powered by Blogger.