Search

Nilai Pemerintah RI Lambat Cegah Corona, FKM UI: Corona Masuk Sejak Januari - detikNews

Jakarta -

Tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menilai penanganan COVID-19 yang dilakukan pemerintah cenderung lambat. Alasannya, virus Corona diprediksi telah masuk ke Indonesia sejak minggu ke-3 Januari 2020.

Pernyataan ini didasarkan pada adanya laporan kasus orang dalam pemantauan (ODP) di salah satu daerah sejak minggu ke-3 Januari 2020. Hal ini membuktikan bahwa telah terjadi penularan lokal.

"Kapan virus ini masuk ke Indonesia? Bukan bulan Maret ketika presiden laporkan keluarga positif. Sebenarnya penularan lokal sudah terjadi, sudah ada ODP di daerah. Sebenarnya kita berasumsi virus itu sudah beredar sejak minggu ke-3 bulan Januari. Jadi ini kasus lokal, bukan penularan impor," kata Staf Pengajar FKM UI Pandu Riono dalam Diskusi Online, Minggu (19/4/2020).

Pandu menjelaskan, setiap masyarakat yang terinfeksi virus Corona bisa menularkan 2-3 orang lainnya. Waktu penularannya rata-rata selama 5 hari. Hal inilah yang menyebabkan sulitnya menekan laju pandemi Corona di Indonesia. Ia pun memprediksi bahwa kasus COVID-19 ini pasti masuk ke Indonesia.

"Ini kita observasi, setiap kasus yang terinfeksi bisa menularkan 2-3 orang lainnya. Itu double time rata-rata 5 hari, dari 10 jadi 20, 40, dan seterusnya. Ini yang menyebabkan pandemi sulit ditekan karena begitu dahsyatnya penularan virus Corona ini," jelasnya.

"Kita terlambat antisipasinya karena sebagian pejabat bilang tidak akan masuk pandemi. Karena ini pasti terjadi tidak mungkin Indonesia tidak kemasukan COVID-19," lanjutnya.

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
April 19, 2020 at 04:02PM
https://ift.tt/2RNg21U

Nilai Pemerintah RI Lambat Cegah Corona, FKM UI: Corona Masuk Sejak Januari - detikNews
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nilai Pemerintah RI Lambat Cegah Corona, FKM UI: Corona Masuk Sejak Januari - detikNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.