Search

KONI Kota Bandung Nilai PON Harus Digelar Saat Pandemi Corona Benar-benar Berakhir - Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Pelaksanaan PON XX diundur menjadi tahun 2021 akibat pandemi virus corona yang sedang melanda berbagai daerah di Indonesia. Ketua Umum KONI Kota Bandung Nuryadi menilai penundaan merupakan keputusan terbaik lantaran PON seharusnya digelar ketika pandemi corona benar-benar sudah usai.

"Walaupun belum ada Keputusan Presiden, penundaan PON itu harus kita sikapi dengan bijak. Dalam peraturan perundangan dijelaskan bahwa penyelenggaraan PON sebagai event akbar salah satu tujuannya adalah untuk ketahanan nasional. Kalau justru sekarang dipaksakan digelar (saat pandemi belum selesai), malah sangat berbahaya untuk ketahanan nasional karena pandemi ini. Itu yang perlu dipahami semua elemen olah raga," ujar Nuryadi saat ditemui di Sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Senin 27 April 2020.

Menurut Nuryadi, penundaan PON sebagai keputusan dari pemerintah harus siap diterima oleh semua pihak baik pemerintah maupun KONI dari tingkat pusat sampai kota kabupaten dengan berbagai konsekuensinya. 

Baca Juga: Lawan COVID-19 Tanpa Kenal Lelah saat Berpuasa, Perawat di Malaysia Kelelahan dan Pingsan

"Di UU SKN sudah jelas, di PP 17 2007 juga jelas dinyatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab dalam hal ini Menpora dengan menunjuk penyelenggara PON, yakni pemerintah daerah setempat. Artinya yang mengevaluasi dan bertanggung jawab pada PON ini gubernur setempat. Jadi penundaan ini sudah atas dasar pertimbangan matang, komunikasi juga Menteri dengan Gubernur Papua, tidak bisa dipandang remeh," ujar Nuryadi.

Dia tidak memungkiri, penundaan PON bakal menimbulkan banyak kerugian. Dari sisi persiapan, kata Nuryadi, masa pemusatan latihan daerah akan semakin panjang yang berimbas pada semakin membengkaknya kebutuhan anggaran.

"Tapi saya yakin itu sudah diperhitungkan oleh pemerintah pusat. Pemprov Jabar dan KONI Jabar juga pasti mengantisipasi. Pasti akibat penundaan PON ini program terganggu. Tapi semua juga terganggu, bukan hanya secara mikro masalah program latihan. Berbagai kegiatan di tingkat nasional, provinsi, sampai kabupaten kota juga pasti terganggu karena corona ini. Dan yang pasti memang akan lebih berbahaya apabila PON digelar saat pandemi corona ini belum benar-benar selesai," ujar Nuryadi.

Baca Juga: BERITA BAIK, Penambahan Pasien Sembuh COVID-19 Indonesia 2 Kali Lebih Banyak dari Kematian

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
April 27, 2020 at 05:08PM
https://ift.tt/3aGazR6

KONI Kota Bandung Nilai PON Harus Digelar Saat Pandemi Corona Benar-benar Berakhir - Pikiran Rakyat
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KONI Kota Bandung Nilai PON Harus Digelar Saat Pandemi Corona Benar-benar Berakhir - Pikiran Rakyat"

Post a Comment


Powered by Blogger.