Search

DPRD Nilai DKI Tak Transparan Soal Bansos PSBB - En Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Komisi A DPRD DKI Mujiyono menilai pemerintah provinsi DKI tidak transparan dalam mengungkap anggaran dan data penerima bantuan sosial atau bansos selama masa pembatasan sosial berskala besar untuk menekan penyebaran virus corona. Alhasil, kerancuan data dan anggaran tersebut menimbulkan banyak prasangka di tengah masyarakat.

"Memang ada beberapa hal yang menjadi rancu dan menjadi fitnah banyak orang. Sebabnya adalah pemprov tidak terbuka dari awal dalam pemberian bantuan ini," kata Mujiyono saat dihubungi, Kamis, 16 April 2020.

Menurut dia, karena tidak terbukanya soal bantuan yang diberikan DKI berimbas pada kaburnya penjelasan soal bantuan Rp 600 ribu untuk setiap warga yang membutuhkan selama masa pembatasan. Sebab, banyak yang mempertanyakan isi paket bantuan senilai Rp 149.500 dengan uang yang dijanjikan.

"Padahal uang Rp 600 ribu itu untuk pemberian empat kali. Karena tidak transparan, jadi banyak info yang menyesatkan di media sosial dan dipolitisasi," ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga tidak siap dalam mendistribusikan bantuan karena data yang belum jelas. Mujiyono memahami bahwa pemerintah tidak perlu membuka nama dan alamat ke publik untuk privatisasi data warga.

Namun, masalahnya, kata dia, pemerintah tidak terbuka dari awal dari mulai nilai dan sembako yang akan diberikan ke warga. Informasi baru dibuka setelah banyak yang mempertanyakan bantuan tersebut.

"Saya saja tahu mencari tahu sendiri," ujarnya. "Ini menjadi kebiasaan pemerintah memberikan informasi belakangan dan akhirnya orang lain yang menjelaskan."

Bahkan, sebelum bansos diberikan pemerintah sempat mengalami kesalahan data. Sebab, dari total 267 kelurahan hanya dihitung 265 kelurahan yang akan mendapatkan bantuan. "Kelurahan Utan Panjang dan Petamburan tidak dijadwalkan karena terlewat. Ini menunjukan ketidaksiapan pemerintah," ujarnya. "Akhirnya mereka sendiri yang merevisi lagi."

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
April 17, 2020 at 10:31AM
https://ift.tt/3aknIPv

DPRD Nilai DKI Tak Transparan Soal Bansos PSBB - En Tempo.co
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "DPRD Nilai DKI Tak Transparan Soal Bansos PSBB - En Tempo.co"

Post a Comment


Powered by Blogger.