Search

Apindo Nilai Larangan Mudik Akan 'Pukul' Sektor Ritel - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyebut keputusan pemerintah melarang mudik lebaran karena penyebaran virus corona berpotensi memukul sektor usaha ritel, transportasi, dan logistik.

Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan kebijakan tersebut berpotensi memukul sektor ritel dan transportasi akibat turunnya jumlah perputaran uang. Berdasarkan catatan Apindo pada mudik Lebaran 2019, setidaknya ada Rp10,3 triliun perputaran dari Jabodetabek ke Pulau Jawa.

"Kebijakan ini dapat mempengaruhi sektor bisnis di daerah-daerah akibat penurunan perputaran uang yang pada tahun lalu mencapai Rp10,3 triliun dari Jabodetabek ke pulau Jawa," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com pada Rabu, (22/4).


Namun, Shinta mengaku mendukung kebijakan tersebut. Pasalnya, untuk saat ini fokus jangka panjang harus menjadi prioritas pemerintah demi memutus rantai penyebaran covid-19. Jika tidak, ia khawatir perekonomian di berbagai sektor dapat lumpuh, mulai dari rantai pasokan, harga komoditas, hingga indeks kepercayaan bisnis (BCI).

Untuk menyiasatinya, menurut Shinta, adalah percepatan realisasi stimulus baik fiskal maupun non-fiskal di sektor riil dan rumah tangga bahkan informal demi menjaga kelancaran perputaran barang dalam negeri maupun luar negeri.

Namun, kata dia, masih ada sektor yang diuntungkan selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik ditetapkan yaitu sektor Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (ICT).

"Paling yang bisa diuntungkan secara pertumbuhan permintaan (growth demand) adalah sektor ICT," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan KADIN Rico Rustambi mengatakan, meski logistik tak dibatasi oleh pemerintah namun tekanan datang dari turunnya permintaan khususnya untuk sektor manufaktur dan distribusi antar daerah.

"Catatan KADIN dampak covid-19 menekan volume distribusi barang sehingga permintaan sudah tertekan dan ini tentu berdampak kepada kelangsungan usaha jasa di sektor logistik. Larangan mudik tidak juga menambah nilai manfaat untuk jasa distribusi sektor logistik barang karena memang permintaannya turun," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyebut kebijakan pemerintah akan memberatkan langkah jasa transportasi pengangkut penumpang seperti angkutan bus, kereta api, dan pelayaran.

[Gambas:Video CNN]

(wel/age)

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
April 23, 2020 at 08:20AM
https://ift.tt/2VsGaS4

Apindo Nilai Larangan Mudik Akan 'Pukul' Sektor Ritel - CNN Indonesia
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apindo Nilai Larangan Mudik Akan 'Pukul' Sektor Ritel - CNN Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.