Search

Ujian SD dan SMP di Rembang Ditiadakan, Kelulusan Pakai Nilai Semester - Detiknews

Rembang -

Pemerintah Kabupaten Rembang meniadakan ujian akhir untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ini karena pandemi virus Corona atau COVID-19. Sebagai gantinya, standar kelulusan peserta didik akan memakai nilai tes semester.

"Layanan penyelenggaraan pendidikan dalam rangka pencegahan penularan dan penyebaran infeksi virus Corona di Rembang, maka Ujian Sekolah (US) SD yang dijadwalkan tanggal 13 sampai 18 April 2020 tidak dilakukan," jelas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, Mardi saat dihubungi wartawan, Rabu (8/4/2020).

Mardi menyebut, kelulusan peserta didik berdasarkan nilai dari enam semester yang telah dilalui siswa. Keenam nilai semesteran tersebut kemudian dibagi enam, untuk diambil rata-rata nilai.

"Ini juga berlaku untuk sekolah swasta yang ada di Rembang. Bukan hanya SD, tapi jenjang SMP juga menggunakan kebijakan yang sama dengan ini," terangnya.

Selain ujian sekolah, untuk standar kenaikan kelas bagi peserta didik juga mengacu pada aturan yang serupa. Artinya, jika ada sekolah yang belum sempat menyelenggarakan tes penilaian akhir tahun (PAT) maka penilaian mengacu pada raihan nilai siswa pada saat proses belajar mengajar.

"Untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, ditambah nilai penugasan, tes daring, dan atau bentuk assessment jarak jauh lainnya yang dilakukan pada semester genap," paparnya.

"PAT (Penilaian Akhir Tahun) untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh," pungkasnya.

(sip/rih)

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
April 08, 2020 at 03:45PM
https://ift.tt/2XiChjT

Ujian SD dan SMP di Rembang Ditiadakan, Kelulusan Pakai Nilai Semester - Detiknews
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ujian SD dan SMP di Rembang Ditiadakan, Kelulusan Pakai Nilai Semester - Detiknews"

Post a Comment


Powered by Blogger.