Search

Tangani Wabah Corona, Pemprov Diminta Terapkan Nilai-nilai Lokal - FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Di tengah situasi saat ini peran sentral pemerintah sangat dibutuhkan, terlebih banyak masyarakat yang harus kehilangan mata pencaharian karena imbas Covid-19 termasuk mereka yang di PHK.

Sosiolog Unhas, Sawedi Muhammad menuturkan peran sentral pemerintah di masa krisis seperti ini akan menjadi ringan apabila pemerintah mampu menggerakkan potensi modal sosial yang ada di masyarakat.

“Di Sulsel ada nilai-nilai lokal mali siparappe, sipatuo, sipatokkong. Jadi nilai lokal ini dapat menjadi penopang munculnya solidaritas sosial, saling menolong di saat pandemi berlangsung,” ucapnya, Rabu (22/4/2020).

Diketahui saat ini Indonesia khususnya Sulsel dilanda wabah corona yang mengguncang perekonomian sehingga pengurangan karyawan pun harus dilakukan. Melihat ini Sawedi Muhammad mengatakan tidak ada yang bisa disalahkan.

“PHK sangat susah dihindari di masa pandemi seperti ini. Cash flow perusahaan sangat terganggu oleh adanya disrupsi rantai bisnis dan perdagangan,” bebernya.

Menurutnya perusahaan bisa saja memproduksi barang, bisa menunggu pengguna jasa seperti transportasi, perhotelan dan kebutuhan layanan sekunder lainnya, tetapi pengguna jasa sangat terbatas.

“Perusahaan terbebani biaya operasional yang sangat besar sehingga pilihannya juga terbatas antara pemutusan hubungan kerja atau dirumahkan untuk sementara,” ujar Sawedi Muhammad.

Ia mengaku agen dominan yang harus menunjukkan peran sentral dalam menangani permasalahan ini adalah birokrasi pemerintahan.

“Pertama pemerintah provinsi atau kabupaten/kota harus memperlihatkan kualitas leadershipnya di depan publik. Kedua pemerintah segera merapatkan barisan birokrasi untuk merapikan neraca keuangan daerah yang akan diproyeksikan secara totalitas untuk pelayanan publik selama pandemi berlangsung,” terangnya

“Ketiga kerjasama multistakeholder dengan swasta, TNI/Polri, media dan segenap unsur masyarakat harus disolidkan dan berbagi informasi secara transparan apa yang akan dilakukan di masa sulit seperti ini. Keempat, Koordinasi dengan pemerintah pusat harus dilakukan secara intensif melalui satu pintu agar kesimpangsiuran informasi dapat dihindari. Kelima, pendataan stok pangan dan kebutuhan pokok lainnya harus segera dilakukan. Ketersediaan logistik adalah keharusan utama,” tutupnya. (anti/fajar)

Let's block ads! (Why?)



"nilai" - Google Berita
April 22, 2020 at 12:52PM
https://ift.tt/3eICtPx

Tangani Wabah Corona, Pemprov Diminta Terapkan Nilai-nilai Lokal - FAJAR
"nilai" - Google Berita
https://ift.tt/2Oehd90
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tangani Wabah Corona, Pemprov Diminta Terapkan Nilai-nilai Lokal - FAJAR"

Post a Comment


Powered by Blogger.